Sunday, April 9, 2017

Psikologi Pendidikan & Teknologi

          Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhusukan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas sehingga dibutuhkan satu buah buku tersendiri untuk menjelaskannya.

PERENCANAAN
A.   
                Perencanaan Intruksional.

Pengembangan atau penyusunan strategi sistematis dan tertata untuk merencanakan pembelajaran. Robert Yinger(1980) mengidentifikasikan lima rentang waktu perencanaan guru : perencaan tahunan, perencanaan term, perencanaan unit, perencanaan  mingguan dan perencanaan harian. Perencanaan adalah dimensi utama dari pengajaran yang sukses, jangan terlalu banyak menyusun rencana.

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER – CENTERED
A.   
               Perencanaan Pelajaran Teacher Centered

Tiga alat perencanaan teacher Centered adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis tugas, dan menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional : 

a.    Sasaran behavioral  adalah pernyataan yang menyatakan perubahan dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan kinerja yang diharapkan.
b.   Menganalisis tugas adalah memecah tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen – komponen.
c.    Menyusun taksonomi. Taksonomi adalah sistem klasifikasi, taksonomi bloom dikembangkan oleh benjamin bloom dan kawan – kawanya. Taksonomi ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi 3 domain : kognitif, efektif dan psikomotor.

 Intruksi Langsung

Intruksi langsung( direct instruction) adalah pendekatan teacher- centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas – tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.

 Strategi Instruksional Teacher – Centered

a.    Mengorentasikan. Sebelum menyajikan dan menjelaskan materi baru, susunlah kerangka pelajaran dan orientasikan murid ke materi baru tersebut.
b.   Advance Organizer. Adalah aktivitas dan teknik pengajaran dengan membuat kerangka pelajaran dan mengorientasikan murid materi sebelum materi itu diajarkan.
c.    Comparative advance organizer. Memperkenalkan materi baru dengan mengaitkanya dengan apa yang sudah diketahui murid.
d.   Pengajaran, penjelasan, dan Demonstrasi. Pengajaran dengan paparan / ceramah (lecturing), penjelasan dan demonstrasi adalah aktivitas yang biasa dilakukan guru dalam pendekatan instruksi langsung.
e.    Pertanyaan dan diskusi. Pertanyaan dan diskusi perlu di intergrasikan kedalam pendekatan intruksi teacher-centered
f.     Mastery Learning adalah pembelajaran satu konsep atau topik secara menyeluruh sebelum pindah ke topik yang lebih sulit.
g.    Seatwork adalah penyeluruh semua murid atau sebagian besar murid untuk belajar sendiri – sendiri di bangku mereka
h.   Pekerjaan Rumah adalah Keputusan intruksionaal penting lainya adalah seberapa banyak dan apa jenis pekerjaan rumah yang harus diberikan kepada murid.

Prinsip Learning – Centered

Intruksi dan Perencanaan learning – Centered adalah pada siswa, bukan guru. Faktor Kognitif dan Metakognitif :
a.    Sifat Proses Pembelajaran
b.   Tujuan proses pembelajaran
c.    Kontruksi pengetahuan
d.   Pemikiran strategis
e.    Memikirkan tentang pemikiran
f.     Konteks pembelajaran

Faktor Motivasi dan Emosional :
g.    Pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran
h.   Motivasi intrinsik untuk belajar
i.     Efek motivasi terhadap usaha

Faktor Sosial dan Developmental :
j.     Pengaruh perkembangan terhadap pembelajaran
k.   Pengaruh sosial terhadap pembelajaran

Faktor Perbedaan Individual :
l.     Perbedaan individual dalam pembelajaran ‘
m.  Pembelajaran dan diversitas
n.   Standar dan penilaian

Beberapa Strategi Intruksional Learning – Centered :
a.    Pembelajaran berbaris Problem
b.   Pertanyaan esensial
c.    Pembelajaran Penemuan
·         
 Teknologi dan Pendidikan

            Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas dalam pembelajaran.

Revolusi Teknologi
Revolusi Teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kini kita hidup.

Internet
a.    Inti dari komunitas melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
b.   Word Wide Web adalah sistem pengmbilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet, materi ini mencakup teks dan grafis.

c.    Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi

0 comments:

Post a Comment