Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi
yang mengkhusukan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam
lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas
sehingga dibutuhkan satu buah buku tersendiri untuk menjelaskannya.
PERENCANAAN
A.
Perencanaan
Intruksional.
Pengembangan atau
penyusunan strategi sistematis dan tertata untuk merencanakan pembelajaran. Robert
Yinger(1980) mengidentifikasikan lima rentang waktu perencanaan guru :
perencaan tahunan, perencanaan term, perencanaan unit, perencanaan mingguan dan perencanaan harian. Perencanaan
adalah dimensi utama dari pengajaran yang sukses, jangan terlalu banyak
menyusun rencana.
PERENCANAAN
DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER – CENTERED
A.
Perencanaan
Pelajaran Teacher Centered
Tiga alat perencanaan
teacher Centered adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis
tugas, dan menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional :
a. Sasaran behavioral adalah pernyataan yang menyatakan perubahan
dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan kinerja yang diharapkan.
b. Menganalisis tugas adalah memecah tugas
kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen – komponen.
c. Menyusun taksonomi. Taksonomi adalah sistem
klasifikasi, taksonomi bloom dikembangkan oleh benjamin bloom dan kawan – kawanya.
Taksonomi ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi 3 domain :
kognitif, efektif dan psikomotor.
Intruksi Langsung
Intruksi langsung(
direct instruction) adalah pendekatan teacher- centered yang terstruktur yang
dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas
kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas – tugas
akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap
murid.
Strategi Instruksional Teacher – Centered
a.
Mengorentasikan. Sebelum menyajikan dan menjelaskan materi baru,
susunlah kerangka pelajaran dan orientasikan murid ke materi baru tersebut.
b. Advance
Organizer. Adalah aktivitas dan teknik pengajaran dengan membuat kerangka
pelajaran dan mengorientasikan murid materi sebelum materi itu diajarkan.
c.
Comparative advance organizer. Memperkenalkan materi baru dengan
mengaitkanya dengan apa yang sudah diketahui murid.
d.
Pengajaran, penjelasan, dan Demonstrasi. Pengajaran dengan paparan /
ceramah (lecturing), penjelasan dan demonstrasi adalah aktivitas yang biasa
dilakukan guru dalam pendekatan instruksi langsung.
e. Pertanyaan
dan diskusi. Pertanyaan dan diskusi perlu di intergrasikan kedalam pendekatan
intruksi teacher-centered
f. Mastery
Learning adalah pembelajaran satu konsep atau topik secara menyeluruh sebelum
pindah ke topik yang lebih sulit.
g. Seatwork
adalah penyeluruh semua murid atau sebagian besar murid untuk belajar sendiri –
sendiri di bangku mereka
h. Pekerjaan
Rumah adalah Keputusan intruksionaal penting lainya adalah seberapa banyak dan
apa jenis pekerjaan rumah yang harus diberikan kepada murid.
Prinsip Learning –
Centered
Intruksi dan Perencanaan learning – Centered adalah
pada siswa, bukan guru. Faktor Kognitif dan Metakognitif :
a. Sifat Proses Pembelajaran
b. Tujuan proses pembelajaran
c. Kontruksi pengetahuan
d. Pemikiran strategis
e. Memikirkan tentang pemikiran
f. Konteks pembelajaran
Faktor
Motivasi dan Emosional :
g. Pengaruh motivasi dan emosi terhadap
pembelajaran
h. Motivasi intrinsik untuk belajar
i. Efek motivasi terhadap usaha
Faktor
Sosial dan Developmental :
j. Pengaruh perkembangan terhadap
pembelajaran
k. Pengaruh sosial terhadap pembelajaran
Faktor
Perbedaan Individual :
l. Perbedaan individual dalam pembelajaran ‘
m. Pembelajaran dan diversitas
n. Standar dan penilaian
Beberapa Strategi
Intruksional Learning – Centered :
a. Pembelajaran berbaris Problem
b. Pertanyaan esensial
c. Pembelajaran Penemuan
·
Teknologi
dan Pendidikan
Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan
sehingga selalu dibahas dalam pembelajaran.
Revolusi Teknologi
Revolusi Teknologi adalah bagian dari masyarakat
informasi dimana kini kita hidup.
Internet
a. Inti dari komunitas melalui komputer.
Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia,
menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
b. Word Wide Web adalah sistem pengmbilan
informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet, materi ini
mencakup teks dan grafis.
c. Website adalah lokasi individu atau
organisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh
individu atau organisasi
0 comments:
Post a Comment