Thursday, November 24, 2016

"Mnemonic" secepat kilat

        Mnemonic atau Tanda-tanda. Kata yang aneh ini (diucapkan dengan "m" tidak berbunyi  -"neh MON ix") menggambarkan teknik fomal yang digunakan untuk membuat materi lebih mudah untuk diingat. Mnemonic adalah trik penjualan yang digunakan oleh para profesional dalam bidang memori, dan Anda juga dapat menggunakan teknik ini untuk menyimpan informasi yang akan anda perlukan untuk ujian nanti.
         Di antara mnemonic yang paling umum adalah :

1. Akronim 
    Akronim adalah kata-kata atau frasa yang dibentuk oleh huruf-huruf pertama dari serangkaian istilah.           Kata "laser" merupakan akronim dari "light amplification by stimulated emissions of radiation," dan       "radar" merupakan akronim dari "radio detection and ranging."
             Akronim dapat menjadi suatu bantuan yang besar untuk mengingat sesuatu. Misalnya, Roy G. Biv          adalah seorang mahasiswa fisika favorit yang harus mengingat spektrum warna (merah, jingga, kuning,            hijau, biru, nila, dan ungu). Keuntungan dari akronim adalah bahwa mereka membantu kita untuk                  mengingat suatu daftar lengkap dari serangkaian langkah atau benda.

2. Akrostik 
    Akrostik adalah kalimat-kalimat dimana huruf-huruf awalnya diucapkan mirip dengan sesuatu yang perlu       diingat. Keuntungan dan kegunaan dari akrostik ini mirip dengan akronim.

3. Rima dan Lagu Singkat
    "Thirty days hath September, April, June, and November." Jika Anda tahu lanjutan dari rima tersebut,       Anda mengenal salah satu lagu singkat mnemonic dalam bahasa Inggris

4. Penggunaan Berbagai Indra
    Semakin banyak indra yang dapat Anda libatkan ketika Anda sedang berusaha untuk memperlajari materi
    yang baru, maka akan semakin baik Anda dalam mengingat. Berikut alasannya : setiap kali kita
    berhadapan dengan informasi baru, semua indra kita berpotensi untuk bekerja. Setiap bagian dari                 informasi indra disimpan dalam suatu lokasi terpisah di otak, sehingga semua bagian ditautkan menjadi
    satu melalui suatu cara yang unik.
            Hal ini berarti bahwa ketika kita berusaha untuk mengingat detail dari suatu kejadian tertentu,
    mengingat kembali suatu memori dari salah satu pengalaman sensorik dapat memicu pengingatan kembali
    terhadap tipe memori yang lain. Anda dapat menggunakan fakta bahwa memori disimpan dalam berbagai       cara dengan menggunakan teknik teknik sebagai berikut:
         
              a. Ketika Anda mempelajari sesuatu, manfaatkan tubuh Anda
              b. Gambar dan buat diagram yang menggambarkan materi yang sedang Anda pelajari
              c. Visualisasi
              d. Belajar secara lebih


Semoga dapat membantu :)






0 comments:

Post a Comment